Pertemuan yang berlangsung pada Rabu pagi, pertengahan bulan lalu, tersebut dihadiri oleh para hakim tinggi, seluruh pimpinan Pengadilan Agama Se-DKI Jakarta, Panitera/Sekretaris di lingkungan PTA dan PA se Jakarta. Sementara itu dari pihak Pemprov DKI Jakarta yang mendampingi  Jokowi adalah Inspektorat Wilayah dan Kepala Bagian Hukum.

Gubernur DKI Jakarta Jokowi saat berbincang dengan Ketua PTA Jakarta, Khalilurrahman di ruang tamu utama Pemrov DKI Jakarta (12/12/2012)

Dengan baju kemeja putih yang menjadi ciri khasnya, orang nomor satu di Jakarta itu menerima rombongan PTA Jakarta dengan ramah  tepat sekitar pukul 09.00 WIB. Khalilurrahman tak lupa mengawali pertemuan dengan memberikan ucapan selamat atas terpilihnya Jokowi sebagai Gubernur DKI Jakarta yang baru.

“Semoga Bapak Jokowi mampu mengemban amanat sebagai pemimpin di Ibukota Negara ini. Untuk itu saya ucapkan selamat,” ujar Khalilurrahman.

Para hakim tinggi dan pimpinan  PA se-DKI Jakarta ikut serta mendampingi pertemuan dengan Gubernur DKI Jakarta.

Pertemuan yang berlangsung hangat tersebut kemudian dilanjutkan dengan pemaparan beberapa rekomendasi dan usulan terkait perkembangan peradilan agama di DKI Jakarta.

Setidaknya ada 6 hal penting yang disampaikan Ketua PTA Jakarta kepada Gubernur Jokowi, yaitu:

1.   Usulan pembentukan PA Kabupaten Kepulauan Seribu

Seiring dengan telah terbentuknya Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2001 tentang Pemerintah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu maka sudah dipandang perlu pembentukan Pengadilan Agama di wilayah tersebut. Selama ini  warga Kepulauan Seribu masuk ke wilayah hukum Pengadilan Agama Jakarta Utara. Saat ini telah dibentuk perangkat jabatan dibawahnya termasuk pembentukan kecamatan yang semula 1 kini menjadi 2 kecamatan yaitu Kecamatan Kepulauan Seribu Utara dan Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.

Adapun jumlah Kelurahan pun menjadi 6 buah. Kelurahan  tersebut adalah Kelurahan Pulau Kelapa, Kelurahan Pulau Pramuka dan Kelurahan Pulau Panggang. Kantor-kantor ini merupakan wilayah Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Sedangkan Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan meliputi 3 kelurahan yakni Kelurahan Pulau Tidung, Kelurahan Pulau Pari dan Kelurahan Pulau Untung Jawa.

2.  Melaporkan persidangan perkara Isbat Nikah di Luar Negeri

Khalilurrahman juga menyampaikan laporan terkait telah dilaksanakannya pemeriksaan perkara  Isbat Nikah di 3 wilayah di Malaysia yaitu Sabah, Kinabalu dan Tawaw. Jumlah perkara yang disidangkan mencapai 749 Perkara. Ia juga menyampaikan bahwa di negara-negara lain sebenarnya sudah banyak permintaan persidangan isbat nikah.

3.  Melanjutkan kerjasama (MoU)

Kerjasama di bidang hukum yang telah dibuat beberapa waktu lalu selama pemerintahan di bawah Gubernur Sutiyoso tentang penelitian faktor penyebab perceraian dan implikasinya terhadap  keluarga sakinah, mawaddah dan warohmah. Khalilurrahman berharap kerjasama seperti ini tetap dilanjutkan.

4.   Peresmian Gedung Pengadilan Agama Jakarta Pusat

Peresmian gedung yang kini hampir selesai selanjutnya akan diresmikan sekitar awal tahun ini.. Gedung baru tiga lantai tersebut terletak di kawasan Rawasari Jakarta Pusat. Diharapkan Gubernur dapat menghadiri peresmian gedung PA Jakarta Pusat tersebut.

5.   Pamitan sekaligus mohon restu atas keberangkatan Tim PTWP PTA Jakarta

Tim Tenis PTA Jakarta akan berangkat mengikuti kejuaraan nasional  tenis warga peradilan yang berlangsung di Surabaya Jawa Timur.

6.   Ucapan terimakasih atas bantuan dan fasilitas

Sebagaimana diketahui bahwa selama ini Pemprov DKI Jakarta telah memberikan bantuan dan fasilitas berupa tanah dan gedung PTA Jakarta. Walaupun demikian Khalilurrahman tengah mengusulkan gedung dan tanah milik sendiri sesuai denan arahan dan kebijakan Mahkamah Agung RI.

Di akhir acara Khalilurrahman tak lupa menyampaikan  kenang-kenangan dengan  menyerahkan cinderamata berupa Majalah Mekkadilaga dan Profil PTA Jakarta.

(Aday Mekkadilaga I pta-jakarta.go.id)

 

Badilag

 

 

Tinggalkan Komentar

 

 

 

Statistik Pengunjung

4 5 9 8 1
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
37
84
45981
0
4989
7100
45981
IP Anda : 54.167.18.170
2018-11-21 05:33