Visi adalah suatu gambaran tentang keadaan masa depan yang berisikan cita-cita dan citra yang ingin diwujudkan Pengadilan Agama Tahuna di masa mendatang. Dalam merumuskan visinya, Pengadilan Agama Tahuna menyelaraskan dengan visi Mahkamah Agung RI yang dicanangkan untuk tahun

2010-2035, sebagai hasil Rapat Kerja Nasional Mahkamah Agung RI Tahun 2009.

Visi Mahkamah Agung tersebut adalah:

TERWUJUDNYA BADAN PERADILAN YANG AGUNG”

Untuk mencapai visi tersebut, Mahkamah Agung menetapkan misi yang mengambarkan hal yang harus dilaksanakan, yaitu:

  1. 1. Menjaga kemandirian badan Peradilan;
  1. 2. Memberikan  pelayanan   hukum   yang   berkeadilan   kepada   pencari keadilan;
  2. 3. Meningkatkan kualitas kepemimpinan badan peradilan;
  1. 4. Meningkatkan kredibilitas dan transparansi badan peradilan;

Pengadilan   Agama   Tahuna sebagai   pengadilan   tingkat   pertama   yang berada di bawah Mahkamah Agung RI memiliki komitmen dan kewajiban yang sama untuk mengusung terwujudnya peradilan yang baik dan benar serta dicintai masyarakat. Atas dasar itu maka Pengadilan Agama Tahuna telah menjabarkan visi dan misi tersebut ke dalam visi Pengadilan Agama Tahuna, yaitu:

TERWUJUDNYA PENGADILAN AGAMA TAHUNA YANG AGUNG

Hal ini mengandung makna bahwa Pengadilan Agama Tahuna siap bersama- sama peradilan lainnya mewujudkan badan peradilan yang agung yang dihormati masyarakat dengan cara meningkatkan kinerja yang lebih baik demi   menjaga kehormatan  dan  martabat  serta  wibawa  peradilan  yang  didedikasikan  dalam bentuk misi Pengadilan Agama Tahuna, yaitu:

  1. Memberikan pelayanan  hukum  dan  keadilan  bagi  semua  lapisan masyarakat (justice for all);
  2. Memberikan  akses   publik   seluas-luasnya   tentang   informasi   demi terwujudnya transparansi pengadilan;
  3. Mewujudkan proses pemeriksaan perkara yang sederhana, cepat dan dengan biaya ringan;
  4. Mewujudkan  putusan/penetapan   yang   memenuhi   rasa   keadilan, kepastian hukum dan dapat dilaksanakan (eksekutabel);
  5. Berupaya menciptakan aparatur Pengadilan Agama Tahuna yang jujur, bersih dan berwibawa.

Upaya untuk mencapai visi dan misi yang agung tersebut jelaslah bukan suatu pekerjaan mudah. Diperlukan suatu   pemahaman   yang   mendalam   atas permasalahan  yang  dihadapi  Pengadilan  Agama  Tahuna  dan  rencana  serta strategi yang tepat dan menyeluruh untuk menjawab permasalahan yang ada. Tujuannya, agar dapat mendorong terwujudnya lembaga peradilan yang bermartabat, berwibawa dan dihormati demi tegaknya supremasi hukum.

Untuk memudahkan pencapaian visi dan misi tersebut, ditetapkanlah tujuan strategis. Tujuan strategis merupakan penjabaran atau implementasi dari pernyataan visi yang akandicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu 1 (satu) sampai   dengan 5 (lima) tahun. Dengan diformulasikannya tujuan   strategis, Pengadilan Agama Tahuna akan dapat secara tepat mengetahui apa yang harus dilaksanakan oleh organisasi dalam memenuhi visi misinya untuk kurun waktu satu sampai lima tahun ke depan dan memungkinkan untuk mengukur sejauh mana visi misi organisasi telah dicapai mengingat tujuan strategis dirumuskan berdasarkan visi misi organisasi.

 

 

 

Statistik Pengunjung

4 5 9 8 1
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
37
84
45981
0
4989
7100
45981
IP Anda : 54.167.18.170
2018-11-21 05:44